Langsung ke konten utama

Terobosan Koperasi dalan Akselerasi Digital Bisnis di Masa Pandemi

 Artikel Oleh Rizqa Meliza, Anggota Kokesma Untirta 2021


Ini Alasan Mengapa Kamu Harus Buat Laporan Keuangan Bisnis

Pandemi COVID-19 merupakan salah satu wabah yang khususnya memberikan dampak perekonomian bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Adanya pembatasan aktivitas kegiatan ekonomi menyebabkan para pelaku UMKM kehilangan akses dalam memasarkan produknya. Dengan asas kekeluargaan yang dimiliki, koperasi harus dapat menjadi wadah bagi para UMKM untuk bekerja dan maju bersama. Para pelaku usaha dituntut membuat inovasi dengan memanfaatkan digitalisasi. 


Pemasaran dengan berbasis digital bisa terbilang efektif dan menjanjikan di masa pandemi saat ini. Akses pemasaran menggunakan digital juga terbilang sangat luas dan cepat untuk jangkauan masyarakat. Selain itu, adanya teknologi yang semakin mapan diiringi dengan kecepatan transaksi yang semakin mudah dan cepat sangat membantu para pembisnis digital. 


Meskipun ada penerapan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), kemudian Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat berbasis skala mikro (PPKM mikro) tak mengurangi konsumen di negara ini untuk melakukan transaksi perdagangan jual beli maupun belanja barang-barang kebutuhan melalui online. 


Sebanyak 88,1% pengguna internet di Indonesia memakai layanan e-commerce untuk membeli produk tertentu dalam beberapa bulan terakhir. Persentase tersebut merupakan yang tertinggi di dunia dalam hasil survei We Are Social pada April 2021. Tingginya pertumbuhan e-commerce di Indonesia sudah jelas sabaga akibat dari pandemi Covid-19.


Indonesia berpeluang menggarap bisnis berbasis digital lebih luas lagi. Berbekal kelebihan demografinya, Indonesia harusnya tidak lagi menjadi sekadar target pasar asing, melainkan menjadi lahan subur persemaian pengusaha e-commerce yang mumpuni, atau bahkan menjadi pelaku kelas dunia. Koperasi sebagai wadah ekonomi rakyat ikut andil dalam meningkatkan pertumbahan ekonomi nasional.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Strategi Efektif untuk Meningkatkan Partisipasi Anggota dalam Koperasi Mahasiswa

Koperasi mahasiswa adalah salah satu wadah bagi mahasiswa untuk berkumpul, berkolaborasi, dan mengembangkan potensi mereka di berbagai bidang. Partisipasi aktif anggota dalam koperasi mahasiswa sangat penting untuk menjaga keberlanjutan dan kesuksesan organisasi ini. Namun, seringkali partisipasi anggota tidak maksimal, sehingga perlu adanya strategi efektif untuk meningkatkan keterlibatan dan kontribusi dari seluruh anggota. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa strategi yang dapat membantu meningkatkan partisipasi anggota dalam koperasi mahasiswa. 1. Komunikasi Efektif  Menjalin komunikasi efektif adalah fondasi bagi hubungan yang berkelanjutan. Koperasi mahasiswa harus menjaga agar aliran informasi mengenai kegiatan, program, serta inisiatif yang sedang berlangsung dapat diterima oleh semua anggota dengan tepat waktu. Penggunaan berbagai saluran komunikasi, seperti surel, grup diskusi, dan media sosial, memungkinkan penyebaran informasi yang cepat dan merata. Selain itu...

Company Profile

Company profile adalah dokumen atau media yang berisi informasi lengkap tentang sebuah organisasi, termasuk sejarah, visi, misi, produk atau layanan, serta prestasi yang telah diraih. Dalam kepengurusan periode 2024, UKM Kokesma Untirta untuk pertama kalinya melaksanakan pembuatan company profile sebagai upaya memperkenalkan organisasi kepada audiens yang lebih luas.  Proses pembuatan company profile dimulai pada bulan Juni dan dijadwalkan selesai dengan pengunggahan di platform YouTube Kokesma Untirta pada bulan Agustus.  Tujuan utama dari pembuatan ini adalah untuk memperkenalkan UKM Kokesma Untirta kepada pihak luar, meningkatkan kepercayaan publik dan branding organisasi, serta menciptakan citra profesional yang memberikan kesan positif bagi lingkungan universitas maupun koperasi. Link video company profil

Buletin Kokesma Edisi Kedua (Agustus - Desember 2024)