Belakangan ini, istilah bisnis santer terdengar dalam kehidupan sehari-hari. Banyak kalangan berlomba untuk menjadi pebisnis, atau bahkan sekedar menyelami dunia bisnis. Bisnis bisa diartikan sebagai sebuah kegiatan individu atau kelompok yang melibatkan pembuatan atau penyediaan barang atau jasa apapun yang akan dipasarkan dan dibutuhkan oleh orang lain yang nantinya bersedia untuk membeli atau membayarnya. Singkatnya, Menurut Mc Naughton, bisnis adalah pertukaran barang, uang, atau jasa untuk keuntungan manual.
Arus globalisasi di era revolusi 4.0 mengakibatkan segala sesuatu perlu diciptakan secara instan dan efisien. Semua kegiatan bisnis dan transaksi jual-beli dapat dilakuk.an secara online, dan tentunya berbelanja secara online dapat menjadi solusi terbaik di era sekarang karena baik penjual maupun pembeli bertransaksi tidak dihalangi oleh dimensi jarak dan waktu. Dari luar kota atau bahkan luar negeri dapat djjangkau dengan mudah karena bisnis ini yang bersifat online, ini mengartikan bahwasannya bisnis online dapat menjangkau konsumen lebih luas, yang mana jika hanya mengandalkan jualan secara offline hanya menjangkau sekitaran wilayah tertentu saja.
Haruskah kita membangun sebuah bisnis secara online apabila ingin memulai untuk menggeluti dunia bisnis?. Jika diamati dengan saksama, pertumbuhan pasar e-commerce di Indonesia terus meningkat per tiap tahunnya. Dilansir dari daya.id, rata-rata pertumbuhan e-commerce sebesar 25% per tahun dan dari 7,2 juta UMKM yang ada di Indonesia, sekitar 36% melakukan penjualan melalui media sosial seperti Instagram.
Sejalan dengan hal tersebut, para UMKM merasa omsetnya mengalami peningkatan sebesar 80% dibandingkan sebelumnya yang hanya menjual produk dagangannya hanya melalui cara konvensional. Berdasarkan data di tahun 2020 , 88% pengguna internet di Indonesia telah membeli produk secara online. Dengan adanya bisnis online, diharapkan dapat mempermudah masyarakat untuk mendapatkan sesuatu yang diperlukan tanpa pusing dan ribet.
Melihat situasi ini, tentunya akan sangat menguntungkan apabila memulai bisnis kamu secara online pada masa ini. Kali ini, kami akan mengupas tuntas apa saja yang diperlukan dalam membangun bisnis online ini. Yuk, disimak!
Pahami Jenis Bisnis Online yang Ingin Ditekuni.
Ini adalah hal dasar yang seharusnya perlu diketahui sebelum kamu merencanakan jenis bisnis apa yang ingin kamu geluti. Banyak jenis bisnis online yang dibutuhkan lalu dapat kamu lakukan juga di rumah, contohnya ; yang pertama adalah menjadi pengiklan seperti selebgram, youtuber, beauty influencer dan lain-lain, yang kedua, kamu juga dapat menjual produkmu sendiri melalui beberapa platform media sosial sampai portal website online shopping, dan yang terakhir adalah kamu dapat menjadi dropshipper atau malah menjadi reseller.
Dilansir dari dewaweb.com, dropshipper dan reseller adalah orang yang menjembatani pihak pembeli dan supplier, namun ada perbedaan yang mencolok dari antara dua jenis tersebut. Pasalnya, dengan sistem dropship berarti kamu berinteraksi langsung dengan calon pembeli dan supplier. Nantinya, produk tersebut akan dikirimkan menggunakan namamu. Sedangkan jika menjadi reseller kamu harus menyimpan stok barang sendiri.
Memahami produk atau jasa yang ingin dipasarkan.
Dilansir dari lifepal.co.id, hal yang harus kamu pahami adalah produk atau jasa yang ingin dijual. Bahkan, kamu harus mengetahui dengan detail hal tersebut, mulai dari kelemahan dan kelebihannya. Pemahamanmu ini tentu sangat berguna untuk kamu dalam mengetahui kualitas dan kuantitas produk atau jasa yang ingin kamu pasarkan.
Hal kedua yang harus dipahami adalah memahami selera pasar dan permasalahan apa yang sering ditemui di dalam pasar produk atau jasa yang kamu jual. Dari hal ini, kamu dapat memahami bahkan dapat berinovasi tentang produk atau jasa yang ingin kamu pasarkan nantinya. Tentunya, hal ini juga dapat menjadi hal kecil yang menarik minat pembeli loh jika kamu teliti dengan hal ini.
Riset Kompetitor dan Pasar.
Riset kompetitor adalah suatu hal yang tak boleh terlewatkan yang tentunya berguna untuk mengetahui selera pasar dan keunggulan mengapa konsumen memilih kompetitor hingga kelemahan kompetitor. Hal ini sangat berguna dan berdampak sekali untuk mengembangkan ide bisnis online yang ingin diluncurkan oleh kita.
Lain hal dengan riset kompetitor, dikutip dari dewaweb.com, riset pasar adalah sebuah panduan dalam bisnis online untuk menemukan peluang berbisnis. Dari riset pasar, kita dapat mencari target pelanggan ideal kita, atau yang disebut dengan demografi pasar. Tujuan penentuan faktor pelanggan ideal ini, yaitu agar kamu dapat menentukan berapa harga yang cocok jika dilihat dari kualitas produkmu dan dibandingkan dengan status sosio-ekonomi target pasar. Melalui riset pasar juga, kamu dapat mengenali ketertarikan seseorang dan ini dapat memprediksi karakteristik calom pembeli kamu .
Temukan Produsen Yang Tepat
Produsen dari suatu produk yang akan kalian jual menjadi salah satu faktor keberlangsungan usaha bisnis online yang akan kamu jalani pasalnya dalam hal ini kebanyakan para produsen sering menjual mahal atau tidak mau tau tentang apa yang kamu butuhkan.
Maka dari itu kamu sebagai pemilik bisnis online harusnya memilih para produsen yang tepat dan tetap menjalin komunikasi antarprodusen ini sangat berlaku bagi kamu yang berbisnis dengan konsep dropshipper. Namun, alangkah baiknya juga jika kita sendiri yang memproduksi barangnya jadi kita tidak bergantung pada siapapun.
Berinovasi
Usai kamu melakukan empat langkah sebelumnya, inilah waktunya untuk kamu mengembangkan ide tentang bisnis online apa yang ingin kamu lakukan nantinya , seperti dari jenis produk atau jasa apa yang ingin kamu jual dan pasarkan , lalu menentukan target konsumen kamu yang ideal dan tentunya target konsumen yang kamu rencanakan harus mempunyai kebutuhan yang kamu pasarkan tentunya.
Pasarkan!
Langkah terakhir ini adalah salah satu langkah penting dan krusial untuk keberlangsungan sebuah bisnis online. Penting juga untuk mendesain strategi pemasaran yang tepat agar produk atau jasa yang kita pasarkan tepat sasaran baik dari segi penjualan dan target konsumen yang ingin kamu capai. Sebelum memasarkannya, penting juga untuk merencanakan juga melalui platform media sosial, aplikasi atau website manakah kamu akan memasarkan sekaligus menjual produk atau jasa yang kamu tawarkan. Jangan lupa, selipkan berbagai penawaran menarik juga ya!
Selain itu bisnis online tidak akan berjalan dengan semestinya apabila seseorang yang menjalankannya tidak memenuhi syarat-syarat. Nah apa saja sih syarat-syarat tersebut? Yang pertama adalah memiliki koneksi internet, kedua yaitu mengoperasikan komputer maupun alat komunikasi lainnya yang bisa tersambungkan dengan internet, dan pastinya memiliki sifat yang jujur, kreatif, dan inovatif.
Nah, inilah enam langkah jitu yang bisa kami sampaikan apabila kamu yang masih pemula ingin memulai bisnis online atau sekedar mempelajari cara- cara dasar penting untuk merintis sebuah bisnis online. Kesimpulannya, untuk memulai bisnis online ini perlu ketelitian, kesabaran dan kreativitas seperti dalam hal menentukan jenis bisnis online yang ingin ditekuni, memahami produk atau jasa yang ingin kita pasarkan, riset pasar dan kompetitor, berinovasi lalu memasarkan produk atau jasa yang ingin kita tawarkan.
Memang, tak mudah untuk memulai sebuah usaha dan kerap kali kita menemukan kegagalan di sana. Tapi dari kegagalan kita tersebut kita dapat belajar dari pengalaman kegagalan yang kita dapat, kita akan menemukan cara baru kembali untuk bangkit. Karena mau bagaimanapun, pengalaman adalah guru terbaik yang sesungguhnya. Selamat mencoba dan semangat untuk calon orang sukses semuanya!
Komentar
Posting Komentar