Langsung ke konten utama

Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Koperasi

Artikel Oleh Adila Nurul Fitriya, Anggota Kokesma Untirta 2021

Sebagai sebuah lembaga sosial ekonomi masyarakat, koperasi memiliki peranan penting dalam mendukung pembangunan di Indonesia. Menurut sejarah, koperasi mampu berperan secara independen maupun berperan sebagai mitra pemerintah dalam memajukan perekonomian masyarakat. Namun demikian, peran koperasi dalam upaya pencapaian tujuan-tujuan pembangunan berkelanjutan belum banyak diperhitungkan. Hal ini disebabkan karena peran dan potensi koperasi dalam upaya pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) belum teridentifikasi dengan jelas. Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan suatu rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. SDGs berisi 17 tujuan dan 169 target yang diharapkan dapat dicapai pada tahun 2030. Seperti yang sudah diketahui, tujuan koperasi adalah mensejahterakan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Tujuan koperasi tersebut berhubungan dengan beberapa tujuan SDGs, antara lain yaitu, mengakhiri kemiskinan dengan segala bentuk, mengurangi ketimpangan di dalam dan antar negara, mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, tenaga kerja penuh dan produktif, dan pekerjaan yang layak bagi semua.

 Jika mengamati perkembangan koperasi di dunia, koperasi tampak bisa menjadi solusi untuk mengurangi ketimpangan. Secara makro, indikasi awal terlihat dari cenderung rendahnya tingkat ketimpangan di negara-negara di mana koperasi memiliki kontribusi besar bagi perekonomian. Sementara secara mikro, badan usaha koperasi yang sukses di dunia menunjukkan perbedaan mendasar terkait tingkat partisipasi dalam pengambilan keputusan dan tingkat ketimpangan yang terjadi di organisasi tersebut. Indonesia sendiri telah mempunyai 209.488 koperasi. Namun sayangnya ratusan ribu koperasi tersebut rata-rata usaha kerjanya kecil. Beberapa di antaranya bahkan tidak dalam kondisi yang sehat, sehingga tidak memberikan manfaat yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Dengan meningkatkan kualitas koperasi di Indonesia, maka secara tidak langsung dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia pula. Hal-hal yang harus dilakukan agar kualitas koperasi meningkat salah satunya adalah dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia pada tiap koperasi. Peningkatan kualitas sumber daya manusia dapat dilakukan dengan diadakannya pembinaan untuk para pengurus atau pengelola koperasi. Pembinaan dapat dilakukan dengan memberikan bimbingan dan penyuluhan agar pengelola bisa memahami dan menjalankan koperasi dengan lebih baik.  Sehingga koperasi yang ada bisa berkembang dan yang tidak aktif bisa kembali aktif. Dengan dilakukan pembinaan terhadap pengurus atau pengelola koperasi, diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia pada koperasi tersebut. Sehingga kualitas koperasi pun akan meningkat dan tujuan dari koperasi akan tercapai. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Strategi Efektif untuk Meningkatkan Partisipasi Anggota dalam Koperasi Mahasiswa

Koperasi mahasiswa adalah salah satu wadah bagi mahasiswa untuk berkumpul, berkolaborasi, dan mengembangkan potensi mereka di berbagai bidang. Partisipasi aktif anggota dalam koperasi mahasiswa sangat penting untuk menjaga keberlanjutan dan kesuksesan organisasi ini. Namun, seringkali partisipasi anggota tidak maksimal, sehingga perlu adanya strategi efektif untuk meningkatkan keterlibatan dan kontribusi dari seluruh anggota. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa strategi yang dapat membantu meningkatkan partisipasi anggota dalam koperasi mahasiswa. 1. Komunikasi Efektif  Menjalin komunikasi efektif adalah fondasi bagi hubungan yang berkelanjutan. Koperasi mahasiswa harus menjaga agar aliran informasi mengenai kegiatan, program, serta inisiatif yang sedang berlangsung dapat diterima oleh semua anggota dengan tepat waktu. Penggunaan berbagai saluran komunikasi, seperti surel, grup diskusi, dan media sosial, memungkinkan penyebaran informasi yang cepat dan merata. Selain itu...

Buletin Kokesma Edisi Pertama (Maret - Juli 2024)

 

Company Profile

Company profile adalah dokumen atau media yang berisi informasi lengkap tentang sebuah organisasi, termasuk sejarah, visi, misi, produk atau layanan, serta prestasi yang telah diraih. Dalam kepengurusan periode 2024, UKM Kokesma Untirta untuk pertama kalinya melaksanakan pembuatan company profile sebagai upaya memperkenalkan organisasi kepada audiens yang lebih luas.  Proses pembuatan company profile dimulai pada bulan Juni dan dijadwalkan selesai dengan pengunggahan di platform YouTube Kokesma Untirta pada bulan Agustus.  Tujuan utama dari pembuatan ini adalah untuk memperkenalkan UKM Kokesma Untirta kepada pihak luar, meningkatkan kepercayaan publik dan branding organisasi, serta menciptakan citra profesional yang memberikan kesan positif bagi lingkungan universitas maupun koperasi. Link video company profil